Panduan Membeli Asuransi Penyakit Kritis

Sekarang Anda telah membeli asuransi kesehatan keluarga dan merasa puas bahwa Anda akan terlindungi jika perlu rawat inap. Nah, untuk memastikannya, Anda harus terlebih dahulu memahami pertanggungan yang diberikan oleh pertanggungan asuransi kesehatan keluarga Anda.

Telah terlihat bahwa tidak hanya gangguan gaya hidup yang merajalela di zaman sekarang ini, tetapi juga mempengaruhi mindset populasi yang lebih muda. 

Meskipun mengubah kebiasaan gaya hidup Anda bisa sangat membantu, Anda harus bersiap dengan baik untuk menghadapi semua kemungkinan. Jadi, ketika Anda mencari asuransi kesehatan online, pastikan Anda melihat asuransi penyakit kritis juga.

Apa itu Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis adalah pertanggungan yang menawarkan untuk membayar Anda dalam jumlah tetap setelah Anda didiagnosis menderita penyakit kritis yang ditanggung oleh polis. 

Anda dapat memilih untuk membeli polis penyakit kritis sebagai asuransi mandiri, atau Anda dapat membelinya sebagai tambahan saat Anda membeli asuransi kesehatan reguler Anda secara online. Asuransi penyakit kritis bertindak sebagai tambahan yang sangat berharga untuk perlindungan kesehatan dasar jika Anda didiagnosis menderita penyakit serius.

Meskipun Anda dapat menggunakan asuransi kesehatan individu atau keluarga reguler Anda untuk menutupi tagihan rawat inap Anda, jumlah sekaligus yang Anda terima dari pertanggungan penyakit kritis dapat mendanai pengeluaran penting lainnya yang terkait dengan penyakit kritis Anda.

Hal yang Perlu Anda Ingat

Membeli asuransi penyakit kritis bukanlah sesuatu yang harus Anda lakukan tanpa pemikiran sebelumnya. Sama seperti rencana asuransi kesehatan keluarga Anda, Anda harus melakukan penelitian menyeluruh dan membandingkan berbagai kebijakan untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan perawatan kesehatan Anda. 

Tips lain yang sebaiknya Anda ingat saat membeli polis penyakit kritis adalah sebagai berikut: 

Asuransi Penyakit Kritis Tidak Dapat Menggantikan Asuransi Kesehatan Keluarga Anda

Polis penyakit kritis menawarkan pembayaran sekaligus jika pemegang polis didiagnosis menderita penyakit yang ditanggung dalam polis. Polis ini tidak menawarkan pertanggungan untuk biaya rawat inap, perawatan penitipan anak, dll. 

Meskipun polis penyakit kritis melengkapi asuransi kesehatan keluarga reguler Anda, polis ini sama sekali tidak dapat menggantikannya.

Pahami Klausa Kelangsungan Hidup

Rencana asuransi kesehatan datang dengan masa tunggu, dan begitu juga asuransi penyakit kritis. Namun, asuransi ini juga memiliki peringatan tambahan, yaitu ‘Survival Clause’. 

Klausul ini mulai berlaku ketika Anda didiagnosis menderita penyakit kritis. Umumnya, ada periode kelangsungan hidup 30 hari. Jika Anda melakukan penelitian menyeluruh, Anda mungkin dapat menemukan rencana yang mengabaikan klausul ini.

Ikuti Kebijakan Secara Menyeluruh

Setelah Anda memutuskan suatu polis, pastikan Anda membaca semua detail polis secara menyeluruh.

Anda terutama harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Inklusi: Perusahaan yang berbeda menawarkan pertanggungan untuk penyakit yang berbeda. Memahami apa yang diasuransikan mungkin dianggap sebagai aspek yang paling menantang. Anda tidak bisa hanya melihat jumlah penyakit kritis yang diasuransikan dan memilih yang paling banyak. Sebaliknya, Anda perlu memahami definisi penyakit yang tepat, sehingga Anda dapat menghindari kejutan yang tidak menyenangkan ketika tiba saatnya untuk mengajukan klaim. Misalnya, suatu rencana mungkin mencakup kanker, tetapi hanya setelah mencapai tingkat keparahan tertentu.
  • Pengecualian: Mengetahui tentang apa yang TIDAK tercakup dalam polis Anda sama pentingnya dengan mengetahui apa yang dicakup.
  • Proses Klaim: Proses klaim jelas sangat penting untuk setiap polis asuransi, dan sama halnya dengan asuransi penyakit kritis. Pelajari terlebih dahulu dokumen apa yang harus Anda serahkan dan apa formalitas untuk mengajukan klaim, sehingga Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik ketika saatnya tiba.
  • Manfaat: Selain mengetahui manfaat dasar polis penyakit kritis; Anda perlu tahu tentang apa saja ekstra yang Anda dapatkan saat membeli polis dari perusahaan tertentu. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang manfaat yang ditawarkan pada saat perpanjangan untuk tahun bebas klaim.
  • Usia Pertanggungan: Sebelum membeli polis asuransi penyakit kritis, cari tahu berapa usia maksimal polis yang akan melindungi Anda.
  • Faktor Lain: Periksa riwayat penyelesaian klaim perusahaan, berbagai peringatan yang terkait dengan polis, dll.

Add a Comment

Your email address will not be published.