JNE Trucking (JTR) Solusi Tepat untuk Pengiriman dalam Jumlah atau Volume Besar

JNE atau PT. Tiki Jalur Nugraha merupakan salah satu perusahaan Indonesia yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik. Perusahaan ini memiliki banyak layanan, namun yang akan dibahas kali ini lebih spesifik mengenai JNE Trucking.

JNE Trucking merupakan salah satu produk dari JNE Express yang memberikan layanan untuk mengirim barang dalam jumlah yang sangat banyak atau barang yang memiliki volume besar. Layanan JNE Trucking ini sangat cocok untuk pengiriman barang dengan berat minimum 10kg.

Tarif dan Waktu Pengiriman JNE Trucking

Dalam perhitungan tarif minimum 10kg, JNE Trucking jauh lebih hemat dibandingkan dengan melakukan pengiriman skala besar menggunakan layanan JNE Reguler. Misalnya, untuk mengirim barang dengan bobot 10 kg dari Jakarta ke Bandung menggunakan JNE Reguler akan terkena biaya sebesar Rp 110.000, sedangkan dengan JNE Trucking hanya Rp 30.000. Untuk pengiriman di bawah tarif minimum seperti 7kg atau 9.5kg akan dibulatkan menjadi 10kg sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Namun memang dalam segi waktu pengiriman JNE Reguler lebih cepat dibandingkan dengan JNE Trucking. Estimasi pengiriman JNE Reguler adalah 1 hingga 2 hari pengiriman, sedangkan JNE Trucking memiliki estimasi pengiriman 3 hingga 4 hari, itu pun bila tidak ada kendala dalam perjalanan atau di gudang.

Adapun pelayanan lainnya yang masih serupa dengan JNE Trucking (JTR), yaitu JTR<150, JTR250, dan JTR>250. Sistemnya masih sama dengan JTR, hanya saja kapasitas jauh lebih besar dan biaya yang diberikan berbeda. Selain itu, ada juga perhitungan berdasarkan volumetrik, perhitungan ini bisa berlaku bila kita ingin mengirim barang berupa lemari, meja, atau kendaran bermotor.

Bila kalian mengirimkan barang yang memiliki harga 10 kali lipat dari biaya ongkos kirim, JNE Trucking menyediakan asuransi senilai 0,2% dari harga barang. JNE Trucking juga memberikan fasilitas penanganan packing yang tentu saja dikenai biaya tambahan. Layanan JNE Trucking ini bisa kalian dapatkan di seluruh konter JNE.

Perlu diingat bahwa tarif pengiriman akan berbeda-beda untuk setiap daerah, ada baunya cek harga terlebih dahulu sebelum mengirimkan paket, berikut caranya :

  1. Buka situs resmi JNE www.jne.co.id/id/tracking/tarif
  2. Masukkan daerah asal tempat paket akan dikirim, lalu tempat tujuan paket, dan berat paket
  3. Masukkan captcha dan klik “Check”
  4. Harga dari setiap layanan akan langsung muncul, sesuai dengan berst yang telah ditentukan

Keuntungan Menggunakan JNE Trucking

Melihat dari uraian sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa keuntungan utama dalam menggunakan JNE Trucking adalah murahnya harga pengiriman dengan kapasitas yang besar. Selain itu, cakupan wilayah JNE Trucking sangatlah luas, meliputi Sumatera, Jawa, hingga Bali. 

Proses pengiriman pun dapat dilacak dengan mudah secara online melalui platform e-commerce atau situs resmi JNE Express. Berikut ini cara melacak pengiriman segala jenis layanan JNE melalui situs resmi.

  1. Buka situs resmi JNE Express
  2. Masukan nomor resi pengiriman yang didapat saat mengirimkan barang
  3. Lalu klik “Lacak” dan akan muncul informasi detail mengenai proses pengiriman

Cara Kirim Barang Menggunakan JNE Trucking

Pengiriman barang menggunakan JNE Trucking belum bisa menggunakan sistem jemput, jadi kita harus membawa terlebih dahulu paket tersebut ke kantor atau cabang JNE terdekat. Berikut ini caranya bagi kalian yang bingung :

  1. Siapkan barang yang akan dikirim, pastikan paket yang akan dikirimkan bukanlah barang yang berbahaya
  2. Bungkus paket dengan rapi dan aman
  3. Bawa paket ke kantor dan cabang JNE terdekat
  4. Berikan paket dan sampaikan alamat tujuan pengiriman dengan jelas ke petugas 
  5. Petugas akan memberi tahu biaya yang perlu kita bayarkan untuk mengirimkan paket
  6. Bayar segera biaya pengiriman sesuai dengan rincian yang telah diberikan
  7. Petugas JNE akan memberikan struk berisikan nomor resi pengiriman
  8. Simpan baik-baik nomor resi tersebut guna pelacakan pengiriman barang

Penulisan alamat ada baiknya diberikan ke petugas dengan cara ditulis di atas secarik kertas agar tidak ada kesalahan dalam menginput data ke komputer oleh petugas JNE dengan format seperti ini :

  • Nama pengirim dan penerima
  • Alamat jelas penerima seperti nama jalan, nomor rumah, nama kelurahan atau desa, kecamatan, nama kabupaten atau kota
  • Cantumkan nomor telepon pengirim dan penerima paket

Cara Daftar Menjadi Driver JNE Trucking

Profesi sebagai driver saat ini sedang menjadi incaran banyak orang karena memang terlihat menjanjikan. Maraknya kegiatan e-commerce membuat kegiatan logistik dan pergerakan transportasi ekspedisi juga ikut meningkat. Sistem pergerakan pergerakan logistik yang sudah berbasiskan digital juga mulai memudahkan para pelaku logistik dalam proses pengiriman. 

Adapun cara pendaftaran sebagai driver di setiap perusahaan mulai dimudahkan dengan menggunakan pendaftaran online. Bagi kalian yang ingin mengetahui caranya, simak tahapan berikut :

  1. Buka situs resmi JNE Express
  2. Pilih “Karir” pada bagian menu
  3. Lalu pilih “Delivery Driver” pada kolom lowongan kerja bila tersedia
  4. Setelah itu, isi formulir dengan
  5. Lamaran kalian akan diproses oleh recruiter JNE dan tunggu kabar melalui e-mail atau sms

Selain mengisi formulir secara online, kalian juga bisa datang langsung ke kantor cabang terdekat mengenai lowongan terkait. Berikut beberapa syarat dan ketentuan untuk melamar kerja sebagai driver :

  1. Punya e-KTP
  2. Memiliki SIM B untuk kendaraan truck
  3. SKCK yang masih berlaku
  4. STNK dengan kondisi pajak aktif
  5. Memiliki smartphone dengan nomor yang aktif
  6. Memiliki alamat e-mail

JNE memiliki Pangilinan yang cukup lama dalam ranah logistik di Indonesia, sehingga tidak heran kalau perusahaan ini mampu memberikan gaji driver dan kurir yang cukup besar, dan mampu bersaing dengan para kompetitornya. 

Persaingan ketat antar perusahaan logistik tidak membuat JNE tertinggal dari para kompetitor, adanya keunggulan dari tiap perusahaan membuat mereka dapat bertahan termasuk PT. Tiki Jalur Nugraha. Menjadi pilihan dan dipercaya oleh para pelaku e-commerce dalam mengantarkan barang dan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Sehingga upaya JNE bisa terus mendapatkan kepercayaan para pelanggan setianya di Indonesia.

Demikian artikel ini dibuat, dan semoga membantu Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published.